Caleparkingusa

Website Informasi Terlengkap Dunia Otomotif

5 Jenis Ban Motor Beserta Dengan Fungsinya

Pengguna sepeda motor saat ini sangat banyak, apalagi sekarang ini  banyak sekali jenis sepeda motor, dari sepeda motor  matic hingga jenis sepeda motor sport. Hal ini menyebabkan produsen mobil juga membuat komponen sepeda motor sesuai dengan jenisnya. Salah satu komponen mesin yang diproduksi berdasarkan jenisnya adalah ban sepeda motor Ada berbagai jenis ban sepeda motor yang menyesuaikan dengan jenis mesin itu sendiri. Sehingga pengguna bisa mendapatkan fungsi utama dari ban sepeda motor. Fungsi utama dari ban luar adalah untuk memberikan kenyamanan  saat berkendara. Jika ban luar hilang, kenyamanan berkendara  pasti berkurang. Hal ini dikarenakan ban luar mampu meredam getaran yang dihasilkan saat mesin hidup. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa tekanan udara pada ban, terutama jika mesin sudah lama tidak digunakan atau jika Anda melakukan perjalanan jauh.Karena kurangnya tekanan udara pada ban menyebabkan pengalaman berkendara yang kurang nyaman.

Jenis Ban Motor Wet Sport (Basah)

Jenis ban sport basah ini dirancang khusus untuk jalan basah atau licin. Ban sepeda motor ini dilengkapi dengan teknologi yang dapat menjaga ban tetap kering. Ban sepeda motor  ini juga tidak cocok  untuk sepeda motor yang digunakan sehari-hari. Karena ban ini lebih cocok  untuk kendaraan balap yang masa pakainya tidak lama, jika sepeda motor yang digunakan sehari-hari menggunakan  ban jenis ini,  pengguna akan terlalu sering mengganti ban karena ban cepat aus.

Jenis Ban Motor Dry Sport (Kering)

Sesuai dengan namanya, ban ini memang didesain untuk balap. Namun, lekukan pada ban motor ini tidak seperti itu karena sebagian besar kondisi lintasan  sudah bagus. Berbeda dengan jalan umum yang terkadang berlubang dan berlekuk, kurangnya lekukan pada ban balap digunakan untuk menambah kecepatan kendaraan sehingga memungkinkan sepeda motor  melaju lebih cepat dibandingkan  ban sepeda motor yang memiliki banyak alur. . Meski memiliki lekukan sekitar ban sepeda motor ini tetap mampu mencegah selip.

Jenis Ban Motor Sport Touring

Jenis ban selanjutnya adalah ban sport touring. Ban sport touring lebih direkomendasikan untuk jenis motorsport yang digunakan untuk jarak jauh, Ban untuk Touring jenis ini umumnya memiliki masa pakai yang lama atau tahan lama. Namun ban jenis  ini tetap bisa menawarkan kecepatan karena konstruksi bannya sangat cocok  untuk jenis motor sport dengan kecepatan tinggi.

Jenis Ban Motor Cruiser

Jenis Ban Motor selanjutnya adalah Jenis ban Curiser, Ban jenis  ini memiliki desain yang khas. Namun, pola alur  ban motor ini tidak rumit. Selain itu, ban motor ini  memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan dengan ban sport. yang mencari ban jenis ini karena ban ini  cocok  untuk jenis kendaraan sehari-hari, sehingga lebih menghemat biaya perawatan sepeda motor.

Jenis Ban Motor Offroad

Jenis ban yang terakhir adalah ban off-road, ban ini  khusus dikembangkan untuk jenis kendaraan off-road. Jenis kendaraan off-road sering melintasi medan yang curam, seperti tanah, bebatuan, dll, yang membutuhkan kekuatan ban tambahan. Oleh karena itu, ban off-road jenis ini dibuat dengan bentuk. Alurnya berbeda dengan jenis ban lainnya. Lekukan ban off-road lebih tebal dan berbentuk kotak, sehingga cengkeraman lebih kuat di jalan yang tidak rata atau tidak aman.

Nah, Berikut adalah jenis- jenis ban motor beserta fungsinya!